A+ R A-
25 Juli 2014

Pramuka Harus Punya Sumber Dana Sendiri

MEDAN - TanahDeli.Com Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi...


Read More

Eldin Melayat Jenazah Yohanna Pardede

Almarhum Sosok Wanita Teguh Pendirian Mudah BersahabatMEDAN - TanahDeli.Com Pelaksana Tugas Wali Kota...


Read More

MUI Sumut Kunjungi Kodam I/BB

MEDAN - TanahDeli.Com Pangdam I/BB Mayjen TNI Burhanuddin Siagian menerima Audiensi Majelis Ulama Indonesia Provinsi...


Read More

Panitia Konvensi Beraudiensi ke Kodam I/BB

MEDAN - TanahDeli.ComPangdam I/BB Mayjen TNI Burhanuddin Siagian menerima Audiensi Panitia Konvensi Full Gospel Business...


Read More

Pramuka Harus Punya Sumber Dan...

MEDAN - TanahDeli.Com Pelaksan...

Eldin Melayat Jenazah Yohanna ...

Almarhum Sosok Wanita Teguh Pe...

MUI Sumut Kunjungi Kodam I/BB

MEDAN - TanahDeli.Com Pangdam ...

Panitia Konvensi Beraudiensi k...

MEDAN - TanahDeli.ComPangdam I...

Sabtu, 19 Januari 2013 02:26

Pengurus PMI Kota Medan dan Pengurus PMI Kecamatan Sekota Medan Gelar Temu Ramah

Rate this item
(1 Vote)

Musa Rajack Shah: Sama-sama Bisa Mengurusi Tapi Bukan Diurusi

MEDAN - Dengan hadirnya pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se-Kota Medan dapat menjalin kekompakan, yang nantinya diterima ditengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, sebagai fasilitator dalam menggerakan donor darah di wilayahnya masing-masing. 

Juga dapat menjalin komunikasi dan kesatuan pandang, sehingga dapat semakin baik dan besar demi berbuat kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Ketua PMI Kota Medan, Musa Rajeck Shah kepada seluruh tamu yang hadir dalam acara temu ramah pengurus PMI Kota Medan dan Pengurus PMI Kecamatan Sekota Medan di Medan Club, Kamis (17/1/2013) malam.

Diakui pria yang sering disapa Ijeck itu. Dirinya tidak menyangka bisa menjadi ketua PMI Kota Medan, walaupun pembentukan pengurusnya tanpa ada dilakukan musyawarah.

“Jadi, saya ini menyambung kepengurusan lama yang sebelumnya terlihat vacuum kembali diaktifkan. Dengan banyaknya pengurus dapat menjalin kekompakan dalam berbuat, agar diterima masyarakat,” katanya.

Sedangkan untuk kepengurusan PMI Kecamatan yang belum dilantik, lanjutnya, sengaja diundang dalam temu ramah agar bisa lebih kenal. Di mana yang nantinya seluruh pengurus, akan dilantik langsung oleh Wali Kota Medan, Rahudman Harahap pada bulan Februari mendatang di kantor PMI Jalan Palang Merah Medan.

“Jadi, seluruh pengurus PMI harus sama-sama bisa mengurusi, tapi buka diurusi. Di mana kita di PMI bukan mencari keuntungan materi saja, apalagi tidak mendapatkan gaji. Yang pasti, seluruh pengurus PMI, siap berkorban.Tapi yakinlah, dengan niat tulus dan ikhlas seluruh pengabdian tersebut dapat diridohi Allah SWT,” ucapnya.

Dikatakannya, pengurus di Kecamatan saat ini juga terlihat vacuum sehingga diharapkannya bisa kembali diaktifkan.

“Dengan begitu, dari 21 Kecamatan di Kota Medan baru diterbitkan sebanyak 18 karena yang tiga lagi tidak mendapat restu dari camat. Tetapi walaupun belum dilantik tapi sudah menerima Surat Keputusan (SK), sebagai bukti pengurus PMI di kecamatan sudah aktif. Sedangkan untuk ketiga pengurus Kecamatan yang belum menerima SK, akan menyusul saat pelantikan.

“Tugas dari pengurus PMI itu tidak terfokus dengan donor darah saja, tetapi harus siap apabila terjadi bencana. Sehingga peran PMI ditengah masyarakat dapat membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Untuk itu apabila ada bencana, tolong keada masyarakat secepatnya melaporkan ke markas agar ditindaklanjuti. Perisitiwa bencana itu bukan tugas pemerintah dan instansi terkait saja, tetapi PMI juga bisa agar diterima masyarakat dengan keberadaan kita di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan untuk kantor PMI di Jalan Palang Merah yang baru dierovasi, diakui Ijeck saat ini dalam keadaan genting. Namun pun demikian, pihaknya tidak mengambil pusing karena keberadaan kantor tersebut merupakan aset PMI. “Walaupun pihak Jiwasraya mengklaim bangunan kantor kita itu milik pihak Jiwasraya.

Kita rasa itu memang kantor PMI karena ada surat. Saya rasa, kepengurusan lama ada membayar uang sewa. Mungkin, kepengurusan yang lama kita tidak menanggapinya sehingga kejadian ini berlarut,” pungkasnya sembari menambahkan kalau pihaknya akan mengajak Wali Kota Medan, Rahudman harahap untuk melihat langsung kantor tersebut sekaligus membuat prasasti yang akan ditandatanganinya.

Usai sambutan dari Ijeck, acara dilanjutkan dengan pemberian SK terhadap ke-18 pengurus PMI Kecamatan yang dilanjutkan dengan sharing antara pengurus dengan Ijeck atas keberadaannya di Kecamatan. Seperti dari pernyataan, Ketua PMI Kecamatan Medan Tuntungan Abi Sofyan meminta agar mengaktifkan Palang Merah Pelajar (PMP) yang Sudah lama vakum untuk ikut terlibat melaksanakan misi kemanusian di terhadap masyarakat.

"Kita libatkan seluruh pelajar yang mempunyai kreativitas dalam melaksanakan program kerja PMI Kota Medan, " ucap Abi.

Menurut Abi, struktur kepengurusan yang berjumlah sebanyak tujuh orang sudah melakukan kordinasi bersama pihak kecamatan untuk melakukan pendataan unutk memberikan bantuan di madsyarakat. "Sejumlah relawan yang ada pun sudah melakukan penataran di masyarakat untuk mengerakkan donor darah dan membantu bencana alam lainnya yang kerap terjadi di Kecamatan Tuntungan," terang pemuda yang aktif di LSM LIRA ini,

Menurut dia, mis kemanusian in harus dilaksanakan dengan ikhlas dan mempunyai kemauan kuat dari pengurus semuanya."Pihak kecamatan pun sudah memberikan tempat untuk menjalankan program misi kemanusian di Tuntungan," tuturnya.

Selain itu, untuk pengurus Kecamatan lainnya meminta agar seluruh pengurus di tingkat Kecamatan mendapat pelatihan sebagai cara mengantisipasi terjadinya bencana seperti banjir yang kerap terjadi apabila sungai Babura meluap. Begitujuga untuk mendapatkan donor darah, agar disediakan petugas PMI dirumah sakit untuk membantu masyarakat saat membutuhkan.

Menjawab seluruh pertanyaan pengurus, Ijeck mengingatkan seluruh pengurus bahwa program kerja pada tahun 2013 ini sangat banyak dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dimana, pengurus PMI se-Kecamatan yang tergerak hatinya untuk melaksanakan misi kemanusian, akan dipikirkan agar dibicarakan kembali.

“Untuk rencana disetiap Kecamatan membuat kantor, saya rasa tidak bisa. Harapan sih setiap kecamatan ada kantor masing-masing, tapi nantinya untuk anggaran berapa lagi. Sedangkan untuk pemakaian ambulan, memang ada biaya pemakaian. Karena untuk ambulan yang lama direhab dan dijadikan untuk mobil jenazah yang tidak dipungut biaya alias gratis. Begiutjuga untuk pelatihan siaga bencana, memang rencananyaakan dilakukan pelatihan, agar mengetahui penggunaan dari alat bantu seperti perahu karet,” jelasnya.

Ditegaskannya, sampai saat ini stock darah tidak pernah kosong. Malahan, stock darah meningkat. Kalau untuk rumah sakit bukan tanggungjawab PMI, dimana UTD PMI selalu menyediakan stock darah yang perkantungnya dihargai Rp250 sebagai pengganti biaya operasional seperti jarum, kantung darah.

Untuk itu, kesadaran masyarakat, untuk bisa berdonor darah. Walaupun sering membuat kegiatan, tetap membuat donor darah yang manfaatnya banyak untuk kesehatan. Untuk itu, masyarakat jangan takut agar bisa membantu saudara kita. Jangka waktu tiga bulan, setelah itu bisa donor darah. (shah/td)

Dibaca 195 Kali

Berita Korupsi

Terancam Hukuman 20 Tahun, Wal...

MEDAN-TanahDeli.ComWali Kota Medan Rahudman Harahap didakwa korupsi dan terancam hukuman 20 tahun penjara dalam sidang Pengadilan Tindak Pidana...

Kejatisu Periksa Pihak Ketiga ...

MEDAN-TanahDeli.Com  Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengusut keterlibatan pihak ketiga PT Mutiara Development atas dugaan korupsi peralihan aset...

KOMPASSU Kembali Beberkan Duga...

MEDAN-TanahDeli.Com Komunitas Peduli Pendidikan Sumatera Utara ( KOMPASSU), kembali membeberkan tentang kasus korupsi yang dilakukan mantan Kepala Dinas...

Diduga Korupsi Dana Bansos Pro...

MEDAN-TanahDeli.Com Jaksa Penuntut Umum (JPU) pengganti Agustini SH dan Wiwik SH dari Kejatisu menuntut Adi Sucipto, terdakwa kasus dana...

Pilkada

Dikatakan Punya Kelainan Kejiwaan, Ade Irma Pulungan Datangi Mapoldasu

MEDAN - TanahDeli.Com Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Sumut meminta Poldasu dan Polres Padang Sidempuan mengamankan dokter M. Aswin Pranata...

Kesehatan

Puluhan Balita Terjangkit Wabah Diare

Puluhan Balita Terjangkit Wabah Diare

MARELAN - TanahDeli.ComPenyakit diare kembali menyerang warga di Kecamatan Medan Marelan. Tidak cuma orang dewasa, tapi puluhan anak-anak dan balita...

Berita Gadget

BlackBerry Q10 Dijual Online

BlackBerry Q10 Dijual Online

JAKARTA - TanahDeli.ComSebagai official partner BlackBerry, Telkomsel membuka pembelian online BlackBerry Q10 di www.telkomsel.com/BBQ10, yang menandai penjualan BlackBerry Q10 bergaransi...

Berita Sport

Porkot V Harus Bisa Cetak Atlet Berprestasi

Porkot V Harus Bisa Cetak Atlet Berprestasi

MEDAN - TanahDeli.Com Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mendukung digelarnya Pekan Olahraga...

Berita Dunia

Bhakti Kesehatan Indobatt Jangkau Deir Seriane Lebanon Selatan

Bhakti Kesehatan Indobatt Jangkau Deir Seriane Lebanon Selatan

DEIR SERIANE - TanahDeli.ComTim medis Indobatt (Indonesia Battalion) Konga XXIII-G/UNIFIL melaksanakan Bhakti Kesehatan di daerah tanggung jawabnya yang meliputi 13...

Berita Figur

Cedera, Mariah Carey Tampil dengan Sling Penuh Gaya

Cedera, Mariah Carey Tampil dengan Sling Penuh Gaya

NEW YORK — TanahDeli.ComDiva pop Mariah Carey memiliki aksesoris baru untuk penampilannya, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan.