Dr Robinson Tarigan SH MH Lantik Alumni FH USU Yanti Suryani Siregar Sebagai Ketua PN Tanjungbalai.

TDC- Pengadilan Tinggi (PT) Medan melaksanakan Sidang Luar Biasa pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai di gedung PT Medan di Jalan Ngumban Surbakti Medan, Jumat (25/2/2022). 

Istimewa

Dalam siaran pers yang diterima, sidang luar biasa yang dipimpin Ketua PT Medan Dr Robinson Tarigan SH MH itu melantik Yanti Suryani Siregar menjabat sebagai Ketua PN Tanjung Balai yang baru menggantikan Dr Salomo Ginting SH MH yang dipromosikan menjadi hakim di PN Klas 1A Pekan Baru. Sebelum menjabat sebagai ketua PN Tanjungbalai, Yanti adalah Ketua PN Prabumulih Sumatera Selatan. Pelantikan itu disaksikan hakim tinggi PT Medan Syamsul Bahri SH MH dan Purwono Edy Santosa SH MH selaku saksi I dan II. 

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 27/KMA/SK/I/2022 tanggal 21 Januari 2022. 

Ketua PT Medan dalam arahannya menyampaikan amanat dan pesan kepada pejabat yang baru dilantik bahwa sebagai Ketua PN Tanjungbalai yang baru diharapkan mampu mengemban peran dan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan profesional. 

Selanjutnya, diharapkan agar Ketua PN Tanjungbalai yang baru dapat mengawasi dan mengkoordinir jajarannya dalam rangka penginputan data perkara pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di PN Tanjung Balai secara disiplin dan tepat waktu sebagai bentuk upaya perwujudan keterbukaan informasi yang optimal dan transparan. 

Ketua PT Medan juga berpesan agar Ketua PN Tanjungbalai yang baru mampu melaksanakan pengawasan berdasarkan Perma Nomor 8 tahun 2016, agar pengawasan yang dilakukan dapat terselenggara secara optimal kepada jajarannya. 

Selanjutnya, Ketua PT Medan juga turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pejabat Ketua PN Tanjungbalai sebelumnya, atas pengabdian dan dedikasinya dalam memimpin pengadilan tersebut di masa kepemimpinannya. 

Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing mengatakan acara ini berlangsung dengan lancar dan hikmat serta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan dihadiri oleh undangan yang terbatas. 

Yanti Suryani Siregar saat ditemui seusai dilantik mengatakan dirinya bersama jajaran akan bergerak cepat melakukan inovasi dalam hal penerapan peradilan yang modern sesuai dengan amanah pimpinan Mahkamah Agung. 

"Dengan era teknologi yang sekarang sudah harus disikapi yang bijak semua satker seluruh peradilan dibawah jajaran Mahkamah Agung," ucap mantan hakim PN Lubukpakam itu. 

Selain itu, untuk mencapai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Yanti akan memperkuat pelayanan yang optimal bagi pencari keadilan dan masyarakat Tanjungbalai di PN Tanjungbalai. 

Diketahui, Yanti Suryani sebelumnya sudah tiga kali bertugas di Sumatera Utara. Wanita kelahiran Medan berusia 46 itu adalah Alumni Fakultas Hukum Universita Sumatera Utara. 

Dirinya pertama sekali bertugas sebagai calon hakim di PN Stabat. Kemudian dilantik sebagai hakim dan bertugas di PN Kuala Simpang, lalu bertugas di PN Langsa. Setelah itu, juara I Keluarga Sakinah Teladan Kanwil Kemenag Sumut pada 2011 itu pernah bertugas di PN Tanjungbalai pada tahun dari 2012 hingga 2015. 

Lalu pindah ke PN Lubukpakam selama 4 tahun bertugas sebagai hakim, lalu dipromosi sebagai Wakil Ketua PN Pelaihari, Kalimantan Selatan. Sebelum menjabat sebagai Ketua PN Tanjungbalai, Yanti adalah Ketua PN Prabumulih Sumatera Selatan.

Tampak hadir pada pelantikan itu, Wakil Ketua PT Medan Ridwan Ramli SH MH, para hakim tinggi PT Medan dan tamu undangan lainnya.

Lebih baru Lebih lama