BRI Regional Medan Sukseskan Program Klaster Usaha dan Salurkan Bantuan Sarana Pra-sarana

TDC- BRI terus melakukan inovasi dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan menciptakan klaster UMKM berada di satu lingkungan yang sama dan memiliki usaha yang sejenis. Program tersebut di kenal dengan “Klaster Usaha BRI”. 

Istimewa

Kali ini BRI Regional Office Medan bekerjasama dengan Pemkot Medan mendukung kemajuan UMKM dan mensukseskan Program Klaster Usaha BRI melakukan mediasi dengan beberapa UMKM binaan Pemkot Medan. Salah satunya kelompok atau Klaster Usaha Olahan hasil laut di daerah Bagan Deli. 

Klaster Usaha tersebut di motori oleh istri-istri nelayan sekitar yang mengolah ikan menjadi beberapa produk seperti abon, keripik, nugget, dll. Terdapat 10 Klaster Usaha yang beranggotakan total kurang lebih 100 Ibu-ibu istri nelayan yang aktif membantu perkenomian keluarga dan selalu berinovasi. Inovasi dilakukan dengan melakukan diversifikasi ikan laut menjadi beberapa varians produk-produk unggulan dan menciptakan produk-produk baru.

Dukungan diberikan langsung oleh BRI Regional Medan dengan menyalurkan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk 5 Klaster Usaha Olahan Hasil Laut senilai 25 juta per Klaster Usaha di Medan pada Kamis (31/03/2022). 

Selain bantuan untuk Klaster Usaha Olahan Hasil laut, pada hari dan tempat yang bersamaan juga di serahkan bantuan untuk 2 Klaster Usaha Konveksi Sepatu di Kelurahan Binjai Medan Denai sebesar Rp. 50 jt, berupa mesin mesin press logo dan alat cetak logo.

“Ini merupakan bukti nyata dan komitmen kami dalam mendukung kemajuan UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi. BRI sebagai Bank BUMN terbesar yang fokus pada UMKM memiliki tanggung jawab besar untuk menumbuh kembangkan UMKM sebagai roda penggerak ekonomi. Hal ini disambut baik oleh Pemkot Medan yang selalu siap berkordinasi dan berkolaborasi untuk menumbuh kembangkan UMKM di Medan” ungkap Budhi Novianto, CEO BRI Regional Medan.

Budhi juga menegaskan, saat ini jumlah usaha mikro yang mencapai 98,7 persen dari UMKM di Indonesia telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Pasalnya sektor usaha mikro berkontribusi terhadap penyerapan 109,84 juta tenaga kerja atau 89,04 persen dari total tenaga kerja dan menyumbang 37,35 persen dari PDB Tahun 2019 (bedasarkan data Kemenkop dan UKM, 2019).

Karenanya, potensi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya segmen usaha Mikro dan Ultra Mikro (UMi) harus ditingkatkan. Penguatan dan pemulihan UMKM ini sekaligus menjadi cerminan dari kebangkitan ekonomi Indonesia yang menjadi presidensi G20 tahun ini. Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober 2022 mendatang, pemulihan UMKM diharapkan dapat turut merefleksikan tema G20 yakni recover together, 

“Unit kerja BRI di wilayah Kota Medan langsung turun ke lapangan melalui pasukan Mantri yang berada di baris terdepan. Seorang Mantri biasanya memegang ratusan nasabah pelaku usaha. Saat ini, Mantri BRI tidak hanya menjual produk, tetapi juga beperan aktif dalam menyokong segala kebutuhan usaha nasabahnya dari segi perbankan, melalui pemberdayaan kepada masyarakat, juga menjadi sosok penyuluh digital bagi seluruh nasabah BRI” imbuhnya.

Konsep dari klaster usaha adalah menciptakan ruang tumbuh baru bagi para Mantri, yang mana sebuah klaster usaha diberikan fasilitas pemberdayaan berupa fasilitas, maupun bantuan produktif, yang mana diharapkan dapat meningkatkan kinerja usaha mereka, sehingga nantinya dapat menjadi new source engine bagi pertumbuhan bisnis BRI kedepan.

Ia menambahkan, sebagai insan BUMN yang peduli terhadap lingkungan, selain menyalurkan bantuan sarana dan prasarana, dalam acara tersebut juga dilakukan ceremony penyerahan Sertifikat Pendamping UMKM (peserta berasal dari rekomendasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan), penyerahan simbolis Kartu KUSUKA, dan penerima KUR Mikro. 

Selain itu, dalam rangka menyambut Bulan Suci yang penuh Rahmat, BRI Regional Office Medan melalui YBM BRI juga menyerahkan bantuan berupa 100 paket pendidikan (peralatan sekolah) dan karpet sajadah untuk 3 Mushola yang berada di sekitar Bagan Deli Medan Belawan.

Lebih baru Lebih lama