• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Agro Expo YAFSI tampilkan Hasil Pertanian Desa Semangat

    27 Januari 2023, Januari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-01-27T11:49:18Z

    TDC-Agro expo Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) menampilkan pameran produk pertanian yang meliputi hasil perkebunan yang ada di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.



    Hasil dimaksud seperti sayur-mayur, buah-buahan dan makanan olahan. 


    Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi, promosi, edukasi, dan pameran terhadap produk Kelompok Permata Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.


    "Agro Expo merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan YAFSI sejak Oktober 2022," Ketua YAFSI, Badriyah di Desa Semangat, pada hari Kamis 26 Januari 2023.


    Program ini, lanjut dijelaskannya, program ini diberi nama Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda Melalui Kelompok Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani yang disingkat dengan PERMATA. 


    "Program ini dilaksanakan di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, melalui dana pengabdian CSR dari PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia 2022," jelas Ketua YAFSI, Badriyah. 


    Ditambahkannya juga, pertanian di Indonesia memiliki kontribusi penting terhadap peningkatan ekonomi serta kebutuhan pokok masyarakat. 


    Namun, kenyatannya sebagian besar penduduk Indonesia masih belum sejahtera. 


    Permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat sangatlah beragam, tidak terkecuali dari kalangan perempuan atau ibu rumah tangga.


    "Program pertanian ini dilaksanakan dengan pemanfaatan lahan produktif dan nonproduktif sebagai sumber pendapatan dan membangun model kelembagaan yang dapat membantu petani mengatasi masalah keuangan mereka," jelas Ketua YAFSI, Badriyah.


    Tentunya, kata Ketua YAFSI, kata Badriyah dirinya mengucapkan terimakasih kepada Corteva untuk program CSR ini.


    "Juga kepada para stakeholder yang mendukung kelompok petani PERMATA," ucap Badriyah.


    Sementara itu, Pimpinan Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia, Jhon Situmeang mengatakan pemberdayaan kelompok petani merupakan salah satu agenda tahunan yang diadakan bersama YAFSI dari hasil CSR perusahaan.


     "Tahun ini, program pengabdian kita berikan di Desa Semangat Kecamatan Merdeka. Kepada kelompok tani Permata yang dikelola oleh YAFSI dan kita harapkan jangan berhenti di sini saja," ungkap Jhon Situmeang. 


    Dan, menurutnya, kita mau terus berkembang dan membentuk kelompok-kelompok baru dan kita berharap dengan apa yang diberikan oleh kelompok tani ini bisa dimanfaatkan ke depan. 


    "Karena, selain bercocok tanam, kita juga membekali kelompok tani permata ini dengan kegiatan sosialisasi digital Marketing dan penguatan kelompok," jelas Jhon Situmeang.


    Pada kegiatan ini turut hadir Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Karo, Sarjana Purba, yang pada kesempatan tersebut memberikan semangat dan dukungannya kepada kelompok petani Permata yang diinisiasi YAFSI.


    Hadir juga Camat Merdeka, Binaria Surbakti, Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Karo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo dan Dinas Koperasi Kabupaten Karo.***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini