• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Ridwan Kamil tak Ingin Rakyat jadi Korban Rentenir

    02 Februari 2023, Februari 02, 2023 WIB Last Updated 2023-02-02T15:09:48Z

    TDC-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamli tak ingin rakyat menjadi korban rentenir.



    Karenanya, orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini menyosialisasikan kredit Bank Jabar (BJB) Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) di Lapangan Benteng Medan.


    Pria yang akrab disapa kang Emil ini tak lupa membagi bagikan sepeda untuk beberapa orang yang bisa menjawab pertanyaannya.


    "Sebutkan nama lima kota di Jawa Barat," kata Kang Emil, pada hari,  Rabu 1 Februari 2023.


    Mendapat pertanyaan itu, beberapa orang langsung berebut mengangkat tangan. Bagi yang terpilih dipersilahkan maju ke depan dan menjawab pertanyaan Kang Emil hingga akhirnya mendapat sepeda. Aksi bagi bagi sepeda ini juga mirip dengan yang dilakukan Presiden Jokowi di setiap kesempatan.


    "Jadi sabar, pasti dapat, tapi porsi untuk ibu ibu lebih banyak," ungkapnya disambut tepuk tangan meriah.


    Ridwan Kamil juga saling berinteraksi dengan warga Medan. Pidatonya juga diselingi dengan guyonan sehingga memancing gelak tawa orang orang. Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengatakan para pedagang kecil tentunya tak lagi terjerat rentenir jika mengajukan kredit BJB Mesra.


    "Kalau rakyat senang pemimpin juga senang, jadi memang satu hati dengan rakyat. Suatu hari saya waktu itu masih Wali Kota Bandung, saya jalan bertemu pedagang kaki lima (PKL) di pinggir trotoar," ungkapnya


    Politisi Partai Golkar itu mengatakan pedagang tersebut curhat mengajukan pinjaman dengan nominal tak seberapa, namun bunga puluhan persen. Bahkan para pedagang juga dikejar kejar para rentenir.


    "Ada yang cerai, ada yang rumahnya dijual, ada yang bunuh diri. Saya tanya pedagang, ibu kenapa pinjamnya ke rentenir bukan ke bank. Pak kalau bank susah, suka dipelototi satpam, pakaian gak bagus diremehkan, bener gak?," ucapnya


    Ia pun menanyakan alasan para pedagang yang meminjam uang ke rentenir. Saat itu para pedagang mengaku dengan meminjam ke rentenir lebih mudah.


    "Sebagai pemimpin, Tuhan memberikan saya kekuatan untuk membawa perubahan kebetulan kami punya saham di bjb. Akhirnya kemudahannya seperti rentenir. Jadi ada di negara ini pinjam uang tanpa bunga," ungkapnya


    Menurut Ridwan Kamil banyak ibu rumah tangga di Jawa Barat yang sudah terbebas dari rentenir dengan memanfaatkan Kredit bjb Mesra. Kredit ini merupakan kredit tanpa agunan dengan nilai kredit Rp500 ribu sampai Rp5 juta.


    "Saya yakin kalau di Medan Kredit Mesra ini akan sukses. Sudah banyak ibu ibu di tanah kami yang terbebaskan dari utang rentenir. Itulah kami jauh jauh membawa berita ini," tambahnya.


    Kredit BJB Mesra, tambah Kang Emil, cukup mudah. Syarat untuk mendapatkan kredit ini antara lain tak perlu memberikan agunan, mendapat rekomendasi dari pengurus rumah ibadah dan mengajukan kredit secara berkelompok.


    "BJB  punya produk yang bisa membantu warga menengah ke bawah pinjam uang tanpa bunga tanpa agunan. Berkelompok sampai 10 orang,  rajin ibadah karena penyaluran kredit ini bernafaskan Pancasila," ungkapnya.


    Ridwan Kamil menambahkan kredit bjb Mesra merupakan program bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama bjb. Tujuannya membantu masyarakat agar terhindar pinjol (pinjaman online) dan terhindar dari jeratan rentenir.


    "Jadi kalau ada 10 orang masing masing dapat pinjaman Rp 5 juta. Kami tidak mau rakyat Indonesia jadi korban rentenir. Dulu diintimidasi oleh debkolektor sekarang diintimidasi lewat digital. Yang penting bisnisnya meyakinkan," bebernya.***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini