• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Pemko Medan Percepat Realisasi Imunisasi Polio

    12 Maret 2023, Maret 12, 2023 WIB Last Updated 2023-03-12T15:53:08Z

    TDC-Pemerintah Kota Medan mempercepat realisasi pemberian imunisasi Polio kepada anak.

    Photo : Praktisi dan Pemerhati Kesehatan Kota Medan, David Luther Lubis


    Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan tindak lanjut dari instruksi Walikota Medan, Muahmmad Bobby Afif Nasution usai mencanangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Puskesmas Padang Bulan Selayang 2, Kecamatan Medan Selayang beberapa waktu lalu.


    Walikota Medan Bobby Nasution saat itu langsung menginstruksikan kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan untuk mempercepat realisasi pemberian imunisasi polio dan jangkauannya.


    Sehingga tidak ada lagi anak-anak di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini yang terkena virus volio tersebut.


    "Ini (imunisasi polio) perlindungan bagi anak-anak kita. Maka dari itu, yang terpenting adalah vaksinasi ini kecepatan dan luas areanya sehingga tidak ada balita yang tidak mendapatkan vaksin polio," kata Bobby Nasution beberapa waktu lalu. 


    Menantu Presiden Jokowi ini meminta kepada Dinkes Kota Medan agar capaian vaksinasi polio bisa terlampaui. 


    Guna mewujudkan hal tersebut, Bobby Nasution pun menginstruksikan agar pemberian vaksin polio tidak hanya sekedar menunggu tapi juga harus jemput bola. 


    "Perangkat kita lengkap, data kita bisa digunakan. Jadi, saya rasa, setiap lingkungan, kelurahan dan kecamatan punya data balita yang masuk kategori untuk menerima vaksin polio. Jadi, tolong ya Pak Kadis, alat-alat kita ada untuk keliling, jemput bola," pesannya. 


    Instruksi Bobby Nasution langsung ditindaklanjuti Dinkes Kota Medan dengan tidak hanya terpaku pada satu tempat saja, seperti di Puskesmas. 


    Namun juga melakukan imunisasi door to door, juga dengan organisasi profesi seperti IDAI dan IBI untuk vaksinasi di rumah sakit, praktek dokter spesialis dan bidan praktek mandiri.


    Di samping itu, Dinkes Kota Medan juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk sasaran anak sekolah. 


    Kemudian menggelar imunisasi bekerjasama dengan pusat perbelanjaan seperti Manhattan Square, Ring Road City Walk, Brastagi Supermarket Tiara,  Ramayana Teladan,Medan Mall, Deli Park Mall, Centre Poin, Suzuya Kampung Baru, Suzuya Marelan, Brastagi Supermarket Jalan Gatot Subroto dan bahkan di Kebun Binatang Medan (Medan Zoo).


    Hasilnya sangat signifikan, tempat layanan imunisasi yang disediakan ramai dikunjungi warga. Terbukti, capaian imunisasi pin berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Medan hingga tanggal 9 Maret 2023 tercatat 161.031 balita dari target 166.943. Artinya, capaian imunisasi pin telah berada di angka 96,5 persen.


    Inistruksi Bobby Nasution agar pelaksanaan imunisasi polio tidak dilakukan secara monoton disambut baik praktisi dan pemerhati kesehatan Kota Medan David Luther Lubis yang mengatakan bahwa keberhasilan dalam meningkatkan cakupan imunisasi akan berdampak pada penurunan angka kematian dan kesakitan serta biaya pengobatan.


    “Dalam hal ini, dibutuhkan kolaborasi semua pihak, termasuk dari sektor swasta dan metode jemput bola untuk meningkatkan cakupan imunisasi nasional dan kualitas kesehatan masyarakat khususnya karena salah satu tantangan pelaksanaan imunisasi ini adalah masih kurang nya pemahaman masyarakat (orang tua) sehingga pelaksaan imunisasi di tempat umum adalah baik karena dapat mensasar target imunisasi dan juga ada fungsi peran edukasi masyarakat,” kata David, pada hari Minggu 12 Maret 2023.


    David menjelaskan bahwa seberapa penting imunisasi polio pada balita, ia menuturkan jika imunisasi tidak hanya mengurangi risiko kesakitan, kecacatan dan kematian terkait penyakit menular, tapi juga membantu mendukung prioritas nasional seperti pendidikan dan pembangunan ekonomi. 


    "Di sisi lain, imunisasi tidak hanya penting bagi bayi dan anak-anak, melainkan juga orang dewasa agar terlindung dari berbagai penyakit," jelas David. 


    Oleh sebab itu, melihat strategi dan komitmen Bobby Nasution, David optimis Kota Medan dapat melebihi target capaian polio. 


    “Dari target yang ditetapkan sebesar 96 persen, tentulah kita optimis mencapainya,” tandas David yang juga merupakan tokoh pemuda di Sumatera Utara ini," pungkasnya.***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini