• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Tim PKM Unimed Pembinaan Pemanfatan Nipah di Tanjungbalai

    19 Mei 2023, Mei 19, 2023 WIB Last Updated 2023-05-19T15:43:54Z

    TDC-Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pembinaan pemanfaatan pelepah nipah di Kota Tanjungbalai.



    Pemebinaan tersebut dilaksanakan terhadap generasi muda Gen-Z melalui program lifeskill bootcamp untuk menumbuhkan lifeskill dan kemandirian ekonomi pemuda Kota Tanjungbalai. 


    Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula SMK Negeri 5, Kota Tanjungbalai, pada 17 hingga 18 Mei 2023. 


    Program ini diketuai oleh Rosdiana dengan anggota tim yaitu Mahfuzi Irwan, Anam Ibrahim dan Muhammad Takwim Machmud. 


    Acara tersebut dibuka oleh Walikota Tanjungbalai, H Waris Tholib.


    Kemdudian diikuti juga oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Tanjungbalai Maya Wardani.


    Tidak ketinggalan, Ketua Komunitas Pembinaan Generasi Muda (KOPEMDA) Kota Tanjungbalai Aulia Rachman Hasibuan beserta pengurus, pendamping PKM Unimed dan puluhan peserta dari siswa SMK.


    "Dengan mengikuti program lifeskill Bootcamp ini, generasi muda akan dapat memperoleh keterampilan hidup yang berguna dan mempersiapkan diri untuk menjadi generasi yang lebih mandiri dan inovatif dalam menghadapi tantangan masa depan," ujar Ketua Tim PKM Unimed, Rosdiana.


    Lebih lanjut dijelaskannya, program ini bertujuan untuk memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM).


    "Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memanfaatkan SDA yang ada di lingkungan sekitar, menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan, meningkatkan kemandirian ekonomi dan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran serta meningkatkan UMKM handycraft di Kota Tanjungbalai," jelasnya.


    Karena, ungkapnya, pohon nipah banyak dan mudah ditemui di Kota Tanjungbalai.


    "Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, kita bisa menghasilkan karya yang bernilai jual, seperti kerajinan tangan dan lainnya. Hasil kerajianan tangan berbahan pelepah nipah ini bisa dipasarkan di Tanjungbalai, Sumatera Utara, Indonesia maupun di luar negeri," ungkapnya.


    Sementara itu, Walikota Tanjungbalai, Waris Tholib dalam kesempatannya menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Unimed dalam membina generasi muda Gen-Z. 


    "Kami juga akan menindaklanjuti program ini menjadi bagian dari peningkatan ekonomi bagi masyarakat," ungkapnya. 


    Pohon Nipah, sebut Walikota yang biasa tumbuh liar dan tidak dimanfaatkan dengan baik, sebenarnya memiliki potensi besar.


    "Bisa dikembangkan menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai jual dan daya tarik. Mudah-mudahan hasil kerajinan ini nantinya bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh khas Tanjungbalai. Kami mendukung acara ini, nantinya akan kami buatkan pameran dan kompetisi untuk mendorong kreatifitas dan inovasi anak-anak muda di kota Tanjungbalai," sebut Walikota.


    Pihaknya, sebut Walikota juga mengucapkan terima kasih kepada tim PKM Unimed bekerja sama dengan Kopemda Tanjungbalai yang mengadakan acara ini, guna mengembangkan SDM di Kota Tanjungbalai melalui pemanfaaatan pelepah pohon nipah. 


    "Semoga acara ini tidak hanya sampai di sini, namun bisa lebih ditingkatkan lagi dengan ragam kreasi," kata Walikota.


    Usai membuka resmi kegiatan tersebut, Wali Kota Waris menyerahkan alat dan bahan secara simbolis dari Tim PKM kepada peserta pendampingan dan dilanjutkan foto bersama.


    Senada dengan itu, Ketua KOPEMDA Tanjungbalai Aulia Rachman Hasibuan mengatakan, peranan anak muda dalam membangun Kota Tanjungbalai sangat penting. 


    "Untuk itu kita perlu kembangkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti meningkatkan lifeskill, mendukung kreatifitas gen-z dan pengembangan minat bakat," jelasnya.


    Hal ini, kata Aulia Rachman akan memberikan perubahan yang signifikan dalam membangun Kota Tanjungbalai menjadi lebih baik dan berdikari.***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini