• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Capaian Luar Biasa, Unimed Tambah 19 Profesor

    26 September 2023, September 26, 2023 WIB Last Updated 2023-09-26T15:43:21Z

    TDC-Capaian luar biasa, Universitas Negeri Medan (Unimed) menambah 19 profesor di lingkukangan civitasnya pada hari Senin, 25 September 2023.



    Perolehan 19 Guru besar/Profesor ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa, membanggakan bagi Unimed karena penambahan ini menjadi capaian bersejarah. 


    Pada periode Januari-September 2023 ini, jumlah Guru Besar Unimed telah bertambah 35 orang dosen.


    Dengan demikian, hingga saat ini dosen di Unimed yang telah resmi menyandang gelar Profesor berjumlah 102 orang.  


    Rektor Unimed, Baharuddin mengucapkan selamat kepada dosen-dosen yang telah berhasil meraih jabatan tertinggi fungsional yaitu Guru Besar/profesor. 


    “kami pimpinan dan seluruh civitas merasa senang dan bangga atas capaian yang diperoleh para dosen kita. Pengangkatan guru besar adalah pencapaian yang penting dalam dunia pendidikan tinggi dan menunjukkan komitmen Unimed terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,” ujar rektor.


    Dijelaskan rektor, pihaknya sangat mengapresiasi capaian ini.


    “Prestasi ini merupakan sesuatu yang patut diapresiasi. Pengangkatan guru besar biasanya memerlukan penilaian ketat dan evaluasi terhadap kualifikasi, pengalaman, serta kontribusi akademik dari calon guru besar. Dengan banyaknya dosen yang telah berhasil menjadi guru besar menunjukkan bahwa UNIMED memiliki tim akademik yang berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di Unimed. Ini menunjukkan komitmen UNIMED dalam mengembangkan staf akademiknya dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi,” jelas Baharuddin.  


    Selain itu, rektor menerangkan, dengan adanya 19 guru besar, Unimed memiliki potensi untuk mengembangkan lebih banyak program akademik dan penelitian yang berkualitas tinggi.


    "Yang pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi universitas dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa dan masyarakat. Prestasi ini diharapkan akan berdampak positif pada pendidikan dan penelitian di Unimed serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan juga dengan perolehan 19 guru besar ini dapat mempercepat Unimed menjadi PTN BH dan World Class University,” terangnya.


    Sementara itu, Ketua Senat Unimed, Syawal Gultom mengucapkan selamat atas perolehan jabatan Profesor/guru besar yang diraih oleh 19 dosen dalam kurun Juni-Agustus 2023. 


    Pada kurun waktu Januari-September 2023, Unimed telah bertambah 35 orang dosen yang berhasil meraih guru besar. 


    “Perolehan 19 Guru Besar ini merupakan terbanyak di tahun 2023 ini dan sesuatu yang membanggakan bagi sivitas akademika Unimed," kata Syawal. 


    Ini, sebutnya, menunjukkan bahwa universitas memiliki fakultas, jurusan dan program studi yang produktif dan berkualitas tinggi dalam hal penelitian dan kontribusi akademik. 


    "Guru besar adalah posisi akademik tertinggi di perguruan tinggi dan seringkali mereka diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Prestasi ini merupakan investasi Unimed dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang akademik," sebutnya.


    Selain itu, menurut Syawal, ini dapat meningkatkan reputasi Unimed di tingkat nasional dan internasional. 


    Karena, kata Syawal, dengan memiliki 19 guru besar, Unimed mungkin memiliki berbagai bidang penelitian dan keahlian luas yang dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat di sekitarnya. 


    "Semoga penghargaan ini memacu lebih banyak prestasi akademik di masa depan dan memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan penelitian,” pungkas Syawal yang merupakan salah seoran guru besar Unimed dan Tokoh Pendidikan Indonesia. (ril)***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini