Ketum Eko Sopianto: Pujakesuma Harus Bertransformasi di Era Digital 5.0

TDC- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP)  Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Eko Sopianto SE membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I DPP PKB Pujakesuma, di Khas Hotel Parapat, Sabtu (12/3/2022) kemarin.

Istimewa

Dalam sambutannya Eko Sopianto mengatakan, sejak awal dibentuknya PKB Pujakesuma hingga saat ini banyak mengalami dinamika organisasi yang sangat fluktuatif. "Saat ini DPP PKB Pujakesuma periode 2021-2026 yang baru dilantik pada Pebruari 2022 sedang berupaya sekuat tenaga dengan semangat persatuan dan kesatuan melakukan rekonsiliasi serta konsolidasi untuk mencapai 'Pujakesuma yang Maju, Mulia, Berbudaya dan Mendunia," kata mantan Ketua DPW Pujakesuma Sumut ini.

Dikatakannya, salah satu upaya kongkrit DPP PKB Pujakesuma untuk mencapai visi dan misi tersebut, dengan mengadakan Rakernas. Kemudian PKB Pujakesuma dituntut untuk selalu melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pengurusan organisaai. 

"Tantangan untuk bertransformasi dan beradaptasi pada era transformasi digital 5.0 sebagai pembuktian bahwa seluruh elemen organisasi paguyuban memiliki komitmen bersama untuk mengembangkan PKB Pujakesuma," ungkap Eko Sopianto.

Eko juga menyampaikan salam Ketua Dewan Pembina Komjend Pol Drs Agus Andrianto SH MH yang juga menyaksikan kegiatan Rakernas lewat live streaming di chanel Youtube. Kabareskrim Polri itu menyatakan bangga dengan semangat dan kekompakan peserta Rakernas dalam upaya memajukan organisasi.

Sebelumnya Ketua Panitia Rakernas I Joko Susilo AMd melaporkan, Rakernas yang berlangsung hingga 13 Maret 2022 itu dihadiri 200 peserta, terdiri dari unsur DPP, dewan pembina, dewan pakar, dewan kehormatan, Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sumut, DPW Aceh, DPW Riau, DPW Lampung, DPW dan DPD Wanita, DPD se-Sumut, Generasi Muda (GM) dan Mahasiswa Pujakesuma.

Usai pemukulan gong pembuka Rakernas yang dilakukan Eko Sopianto, ditampilkan pembicara Prof Hj Sri Sulistyowati SH MSi PhD (dewan pembina), Prof Drs Heru Santosa PhD (dewan pakar) dan Dirut PTP 4 Ir Sucipto Prayitno (Ketua MPO). Prof Sri membahas upaya memajukan Pujakesuma lewat dunia pendidikan, Prof Heru membahas sisi sosial budaya dan Sucipto membahas sisi ekonomi dan penguasaan teknologi digital.

Setelah penjelasan arah kebijakan  program oleh Sekeretaris DPP PKB Pujakesuma Juriadi SPdI, para ketua departemen mempresentasekan program kerja masing-masing dan dibahas peserta. Semua berlangsung tertib, menarik dan lancar. Hadir menyaksikan jalannya rapat hingga akhir acara Ketua MPO Sucipto Prayitno, Dewan Kehormatan H Suherdi, Dewan Pakar Prof Heru Santosa,  Sekretaris MPO H Yogie Suwanda, Anggota MPO H Edy Mirun dan lainnya.

Tampak hadir sebagai undangan Wali Kota Tanjungbalai H Warus Tholib SAg MM, Sekda Kota Pematangsiantar Budi Utari, Kapolres Simalungun diwakili Kapolsek Parapat AKP J Silalahi. Acara semakin menarik dengan hiburan tari tradisional Jawa yang ditampilkan Sanggar Pergiwo Pematangsiantar.

Acara penutupan ditandai dengan penyerahan SK Kepengurusan yang dilakukan Ketua DPP PKB Pujakesuma Eko Sopianto kepada DPW Pujakesuma Riau yang juga akan menjadi tuan rumah Rakernas berikutnya.

Lebih baru Lebih lama