Sultan Usulkan Seluruh Mantan Presiden RI Diberi Gelar Pahlawan Nasional

TDC- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin mengusulkan pemerintah  memberikan  gelar Pahlawan Nasional kepada semua mantan Presiden RI yang telah meninggal dunia. 

Istimewa

Alasannya, semua mantan Presiden dengan segala legacy kebaikan dan kekurangannya merupakan sosok yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. 

"Para pemimpin bangsa di setiap generasi tentu memiliki reputasi dan legacy yang berbeda, tergantung suasana ekonomi dan politik nasional serta tantangan geopolitik. Tetapi mereka memiliki kesamaan visi yang luhur, yakni menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan cita-cita nasional, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Sultan B Najamudin dalam keterangan resminya, Minggu (13/3/2022). 

Menurutnya, Pahlawan Nasional bukan merupakan sosok yang tanpa cela sosial dan politik. Mereka juga manusia biasa, demikian pula dengan para Presiden sebelumnya. Memiliki sisi lain yang harus di maknai sebagai sebuah pelajaran berharga dalam membangun bangsa. 

"Mereka adalah tokoh yang sangat dicintai dan sekaligus juga mungkin  sangat dibenci oleh sebagian rakyatnya," ucap Sultan. 

Sultan berpandangan, demi kehormatan dan penghargaan bangsa terhadap jasa para pemimpin bangsa di masa lalu, maka diusulkan agar setiap mantan Presiden RI yang telah meninggal dunia sematkan gelar Pahlawan Nasional.  

Sultan ingin generasi penerus bangsa  memiliki kepekaan sejarah dan memberikan penghormatan yang sama kepada pemimpin saat ini di masa depan. 

Lebih baru Lebih lama