Lanud Soewondo Laksanakan Upacara Peringatan HUT TNI AU ke 76, KASAU : "Kondisi Bangsa Perlahan Memulih Dari Covid 19"

TDC- Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, melaksanakan upacara Peringatan HUT TNI AU ke 76, di Lapangan Appron Charlie Medan.

Istimewa

Upacara puncak peringatan hari jadi TNI AU di Lanud Soewondo  itu, dipimpin inspektur upacara Komandan Lanud Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Sabtu (09/04/2022)

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE, MPP dalam amanatnya yang disampaikan Danlanud Soewondo Kol Pnb Reka Budiarsa menggugah semangat dan rasa syukur peserta upacara atas kondisi bangsa yang perlahan memulih dari ujian pandemi Covid-19.

Istimew

"Karena kondisi itulah, sehingga kini kita dapat kembali bersama sama mengikuti Upacara Peringatan ke-76 Hari Jadi TNI Angkatan Udara dengan tertib dan khidmat," sebutnya.

KASAU juga megajak segenap prajurit TNI AU untuk melihat kembali berbagai peristiwa dalam satu tahun terakhir, yang mana pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah mengakibatkan disrupsi sosial hingga  ekonomi yang menyentuh hampir ke seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Indonesia juga masih berhadapan dengan berbagai bencana alam yang menguji 

keutuhan bangsa ini, seperti erupsi Gunung Semeru, bencana banjir di Jayapura, dan gempa bumi di Pasaman Barat. Bahkan dari sisi eksternal, konflik antara 

Ukraina dan Rusia yang mempengaruhi stabilitas global, juga sedikit banyak turut serta memberikan dampak terhadap kestabilan nasional.

" Untuk itu, kita patut bersyukur, di tengah berbagai ujian bangsa tersebut, TNI Angkatan Udara mampu hadir mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, program vaksinasi Covid 19, mobilisasi udara untuk bantuan sosial, hingga evakuasi Warga Negara Indonesia dari Ukraina," imbuh KASAU.

Di samping itu, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE menuturkan, TNI AU juga turut mengharumkan nama bangsa pada perhelatan World Boxing Championship dan Singapore Air Show 2022.

Diungkapkan, pada Rapim TNI-Polri beberapa waktu lalu, Presiden memberikan penekanan bahwa untuk kembali pulih, bangsa Indonesia membutuhkan kedisiplinan nasional, dengan berkiblat kepada institusi TNI-Polri.

KASAU yakin setiap personel TNI AU mampu menjadi suri teladan yang baik bagi masyarakat serta turut berperan dalam mendukung program pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional, seraya menjaga keamanan wilayah.

"Semoga, momentum hari jadi TNI AU tahun ini dapat menjadi titik lepas landas kita ke masa depan yang semakin baik,"pungkasnya.

Usai Upacara, Komandan Lanud Kolonel Pnb Reka Budiarsa ketika di doorstop wartawan menyatakan, apa yang disampaikan KASAU dalam amanatnya, sudah sangat jelas dan tegas bahwa TNI AU tetap membantu program pemerintah dalam pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi covid 19.

" Kita tetap membantu pemerintah untuk mengatasi pandemi covid 19 dan peningkatan perekonomian nasional. Karena itu kita menyiapkan segala kekuatan yang kita punya yang nantinya pemerintah menugaskan apapun, dan kita dapat melaksanakan tugas tersebut," tandasnya.

Upacara Peringatan ke-76, Hari Jadi TNI Angkatan Udara Tahun 2022, secara terpusat dilaksanakan di Bumi Maguwo, Yogyakarta.

Sementara dalam menyemarakkannya jelang HUT ke 76 TNI AU tersebut, Lanud Soewondo telah mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya perlombaan menembak, melukis,.mewarnai, bakti sosial membersihkan Masjid dan rumah ibadah lainnya serta Ziara ke makam pahlawan. (AViD)

Lebih baru Lebih lama