• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Tema Pelantikan KAUM Sesuai Pola Peradilan Masa Depan

    25 Februari 2023, Februari 25, 2023 WIB Last Updated 2023-02-25T13:59:07Z

    TDC-Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan mengatakan, tema pelantikan Korps Advokat Alumni UMSU (KAUM) sesuai pola peradilan masa depan.




    Karenanya, Ketua PT Medan, diwakili Agus Rusianto mengapresiasi tema yang diusung pada pelantikan KAUM.


    Sedangkan tema pelantikan KAUM tersebut adalah ; 'Mewujudkan Korps Advokat Alumni UMSU yang Profesional, Kapabel dan Berintegritas di Era Digital untuk Mengawal dan Menegakkan Hukum yang Berkeadilan'.


    "Terus terang, saya sangat gembira. Apalagi tema pelantikan KAUM ini sesuai role model pola peradilan masa depan," ujar Agus Rusianto ketika didaulat memberi sambutan pada pelantikan KAUM di Hotel Madani, Medan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023.


    Kendati demikian, kata Agus Rusianto, tema yang diusung tersebut sejatinya adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan.


    "Semakin kompleksnya masalah penegakan hukum di Indonesia dan perkembangan teknologi telah menawarkan sejumlah tantangan terhadap peran profesi advokat. Mudah-mudahan, KAUM dapat melaksanakan apa yang diusung dalam tema pelantikan ini," pungkas Agus Rusianto.


    Sebelumnya, Ketua KAUM, Surya Wahyu Danil menyampaiakan apresiasi kepada para tamu undangan yang hadir pada pelantikan KAUM.


    Menurutnya, tema pelantikan 'Mewujudkan Korps Advokat Alumni UMSU yang Profesional, Kapabel dan Berintegritas di Era Digital untuk Mengawal dan Menegakkan Hukum yang Berkeadilan' memang sengaja diusung karena sesuai dengan kondisi terkini.


    "Gagasan ini muncul untuk menjawab kondisi kekinian yakni era digitalisasi dalam kaitan profesionalitas penegakan hukum di Indonesia saat ini," kata Wahyu Surya Danil.


    Tantangan itu sendiri, lanjut dijelaskan Wahyu Surya Danil, terletak pada soal dimilikinya kemampuan teknis hukum yang harus mumpuni.


    "Di samping itu, advokat juga perlu memperhatikan soal integritas dan kemampuan memahami perkembangan bisnis, teknologi dan politik. Advokat yang memiliki kemampuan teknis hukum yang baik dan integritas tinggi akan mampu bertahan menghadapi tantangan tersebut," kata Wahyu Surya Danil.


    Sementara itu, Penasehat KAUM, Zakaria Rambe menyampaikan, perkumpulan advokat alumni UMSU ini lahir sebagai tuntutan untuk menjawab perkembangan zaman.


    Kemudian, KAUM ini juga terbentuk sebagi tempat atau wadah silaturahmi advokat alumni UMSU.


    Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan KAUM, Agum Gumilar menyampaikan apresiasi sekaligus terimakasihnya kepada para tamu undangan yang hadir seperti tokoh masyarakat, pemuka agama dan beberapa organisasi advokat.


    "Dan semua pihak yang telah terlibat dan membantu hingga suksesnya acara pelantikan KAUM ini," kata Agum Gumilar.


    Selain Agus Rusianto selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan, tampak hadir di antara lain sejumlah tamu undangan seperti Tokoh Masyarakat Sumut, Rahudman Harahap.


    Kemudian, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Agussyah R Damanik, Ketua Majelis Ulama Sumut dan Kota Medan, perwakilan pers, Rianto Aghly atau Anto Genk dan undangan lainnya.


    Sedangkan prosesi pelantikan ditandai dengan pembacaan nama-nama jajaran pengurus KAUM dan penyerahan pataka yang diberikan oleh penasehat KAUM, Zakaria Rambe.***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini