• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    Harga Cabai Merah Di Kota Medan Tembus Rp60.000 Per Kilogram

    04 Maret 2022, Maret 04, 2022 WIB Last Updated 2022-03-04T13:49:52Z

    TDC- Harga cabai merah yang dijual sejumlah pedagang di pasar tradisional di Kota Medan mengalami kenaikan yang cukup tajam. Bahkan, pedagang menjual cabai merah dengan harga fantastis hingga Rp60.000 per kilogram.

    Istimewa

    Penyebab kenaikan tersebut dikarenakan faktor cuaca yang hujan dengan intensitas cukup tinggi membuat petani enggan turun ke ladang sehingga distribusi barang mengalami gangguan.

    Seorang pedagang di Pasar Halat Medan, Ida mengatakan, sudah beberapa hari ini harga cabai merah bertahan di harga Rp50.000 bahkan hingga Rp60.000 per kilogram.

    "Meski harga naik, namun banyak juga pembeli. Tapi cenderung lebih sedikit jumlah kilogramnya. Biasanya ada yang membeli hingga 5 kilogram untuk stok beberapa hari ini, kini membeli hanya sekilo bahkan dua kilogram saja," ujarnya Jumat (4/3/2022).

    Lebih lanjut, Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin yang turut melakukan pantauan menjelaskan, dari sisi pasokan barang, di sejumlah wilayah produsen cabai merah mulai berkuranv produksinya. Sehingga harga sempat terkerek hingga mencapai Rp30.000 per kilogram. Selain itu, ditambah dengan buruknya cuaca membuat harga cabai merah mengalami kenaikan.

    "Kenaikan harga cabai merah tersebut akan menjadi berkah bagi petani. Apalagi, para petani cabai merah sempat terpuruk. Bahkan sebelumnya harga cabai merah sebelum pertengahan Februari 2022 sempat menyentuh angka Rp13.000 hingga Rp18.000 per kilogram. Tak hanya itu, di tingkat petani kala itu harga sempat anjlok hingga menyentuh Rp8.000 per kilogram," ujar Gunawan.

    Menurutnya, kesulitan petani belum berhenti disitu, harga cabai merah yang murah diikuti dengan lonjakan harga pupuk yang cukup tinggi. Bebannya sangat besar, dan kita berharap kenaikan harga cabai merah saat ini menjadi momen bagi petani untuk  memperbaiki kondisi keuangannya.

    "Saya sangat yakin harga cabai merah di akhir pekan ini nantinya akan turun dibandingkan harganya saat ini. Cuaca terlihat mulai kondusif, dan dari hasil wawancara saya sengan sejumlah petani dan pedagang besar, mereka yakin harga cabai merah bisa turun mulai besok. Tetapi saya memperkirakan harga cabai merah sementara waktu kalaupun turun, masih berada dikisaran 30 ribuan ke atas per kilogramnya," ungkapnya.

    Selain cabai merah, tomat juga sempat menyentuh 15 ribu per kilogram. Kenaikan harga tomat juga dipicu oleh faktor yang sama. Harga tomat yang sempat bertahan murah sebelumnya juga membuat sebagian petani enggan menanam tomat, hal ini turut memicu terjadinya kenaikan harga. Meskipun sebelumnya juga ada kabar terkait permintaan ekspor tomat yang tinggi juga turut mendorong kenaikan harga.

    "Pada dasarnya saat cabai merah murah, petani juga ada yang kerap beralih ke tanaman lainnya. Jadi kalau harga murah, ini menjadi disinsentif bagi petani untuk menanam tanaman yang sama. Sehingga stok di tingkat petani kerap naik turun dan memicu fluktuasi harga," katanya.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini