• Jelajahi

    Copyright © tanahdeli
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Advertisement

    JPU Kejari Belawan Tuntut Mati Kurir Sabu-sabu

    08 Januari 2024, Januari 08, 2024 WIB Last Updated 2024-01-08T16:21:52Z

    TDC-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Belawan menuntut mati terdakwa Abdurrahman sebagai kurir narkotika jenis sabu-sabu dengan berat bruto 36,7 kilogram atau 36.756,7 gram.



    "Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba dan merusak mental generasi bangsan, hal yang meringankan tidak ada," ujar JPU Kejari Belawan Franciskawati Naiggolan di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara, Senin 8 Januari 2024.


    Ia mengatakan, jaksa meyakini perbuatan terdakwa telah memenuhi unsur pidana sebagaimana dakwaan primer Pasal  114 ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika. 


    Yaitu, kata Franciskawati tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan atau menerima yaitu bruto 36,7 kilogram atau 36.756,7 gram.


    "Untuk barang bukti berupa narkotika jenis sabu-sabu berar bruto 36.756,7 gram, gawai dirampas negara untuk dimusnahkan," ucapnya. 


    Setelah mendengarkan tuntutan dari jaksa, majelis hakim yang diketuai Abdul Hadi Nasution melanjutkan persidangan untuk mendengar nota pembelaan (pledoi) yang dibacakan terdakwa atau penasihat hukum terdakwa pada pekan depan.


    Dalam dakwaan terungkap, pada 9 Maret 2023, personel tim Intelijen Lantamal 1 Belawan mendapatkan informasi dari masyarakat adanya penyeledupan narkotika jenis sabu-sabu dari Thailand menuju Pangkalan Susu, Sumut. 


    Kemudian 10 Maret 2023, tim melamukan pendalaman yang diperkirakan melalui perairan jalur kuala atau pesisir pantai di sekitar Aceh Utara, Lhoukseumawe hingga Aceh Timur.


    Selanjutnya, Dantim Intelijen Lantamal I Belawan melaporkan ke Komando atas sehingga diperintahkan KRI Tjitadi -381 yang sedang berada di Belawan untuk melaksanakan penyekatan di sekitar perairan Aceh Utara, Lhoukseumawe, sebahagian Aceh Timur.


    Singkatnya, tim Intelijen Lantamal I Belawan menuju Lhokseumawe dan melaksanakan koordinasi dengan personil Intelijen Lanal Lhoukseumawe tentang adanya dugaan masuknya narkoba. 


    Kemudian personel yang berada di pantai ujong Batee, Ujung Blang, Aceh melihat satu kapal pancung nelayan mendekat ke pantai yang terdapat barang bukti berupa 36 bungkus berupa sabu-sabu. 


    Dari hasil pengembangan, didapatkan informasi barang tersebut akan diterima di daerah  Lhoksukon Aceh Utara ditujukan kepada terdakwa Abdurrahman dan dilakukan penangkapan. 


    Informasi itu melalui pesan singkat dari Wak G agar bertemu agar Abdurrahman untuk mengambil barang bukti tersebut dibawa ke Idi, Aceh.(TDC/red)***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini